SMK Negeri 1 Pedan

Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2023 di SMK NEGERI 1 Pedan

Era society 5.0 merupakan penyempurnaan dari berbagai macam konsep yang sudah ada sebelumnya di era 1.0 sampai dengan 4.0. Era 5.0 ditandai dengan penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan robot guna menciptakan kemudahan bagi segala kebutuhan masyarakat. Pendidikan menjadi salah satu area yang terpengaruh oleh era 5.0 yang menuntut kemampuan literasi digital dan keterampilan teknologi, dan memungkinkan pendidikan jarak jauh dan pembelajaran daring.

Secara keseluruhan, era 5.0 mengubah cara manusia berinteraksi dengan dunia sekitar dengan dampak signifikan pada berbagai bidang kehidupan. Dalam era 5.0 bahasa asing terutama bahasa inggris menjadi semakin penting sebagai alat komunikasi global dalam bekerja sama secara efektif dan mengakses sumber daya dan informasi yang lebih luas. Oleh karena itu kemampuan bahasa asing menjadi keterampilan yang sangat penting.

Dalam rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era ini, Direktorat SMK kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan TOEIC.

Tahun ini, SMK NEGERI 1 Pedan telah mengikutsertakan sebanyak 716 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 17 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 8 September 2023, SMK NEGERI 1 Pedan melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami yang lolos seleksi. Pelaksanaan seleksi TOEIC telah dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2023. Pada saat pelaksanaan seleksi tersebut terdapat beberapa hambatan dalam proses pelaksanaan. Hambatan yang kami alami antara lain: Suara pada saat listening hilang, beberapa peserta kembali ke halaman login, tidak bisa melanjutkan pada soal berikutnya karena tidak bisa klik “next” pada soal tersebut dan beberapa siswa tidak mendapatkan kode token kehadiran.

Mohon do’a dan dukungannya, agar pelaksanaan sertifikasi TOEIC pada siswa-siswi kami berjalan lancar, tidak ada hambatan dan siswa mendapatkan skor yang memuaskan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *