SMK Negeri 1 Pedan

Seminar Berbagi Praktik Baik Membangun Budaya Disiplin Positif Dan Kolaboratif

Sebagaimana telah diketahui bahwa seminar adalah sebuah pertemuan yang sengaja diselenggarakan dengan tujuan sebagai pembelajaran terhadap sebuah topik tertentu dengan jalan memecahkan masalah yang dilakukan melalui interaksi secara ilmiah. Dalam dunia pendidikan sendiri, Seminar merupakan sarana untuk memecahkan berbagai permasalahan pendidikan yang dihadapi ketika menjalankan peran dan fungsinya sebagai pendidik. Seperti seminar yang baru-baru ini dilaksanakan SMK Negeri 1 Pedan pada tanggal 26 Januari 2024 ini, seminar pendidikan dengan tema “Berbagi Praktik Baik Membangun Budaya Disiplin Positif Dan Kolaboratif” dihadiri oleh Kepala Sekolah, Komite, Guru dan Karyawan SMK Negeri 1 Pedan.

Pada seminar itu, Drs. Eko Subadri, M.M selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Pedan memberikan arahan kepada guru sebagai peserta seminar untuk dapat menguasai 4 kompetensi dasar sebagai guru yaitu Pedagogik, Kepribadian, Sosial dan Profesionalisme. serta guru-guru dihimbau untuk dapat selalu mengikuti perkembangan dalam dunia pendidikan.

Dalam seminar tersebut, membahas pentingnya pengelolaan PMM bagi guru. PMM sendiri merupakan singkatan dari Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman tentang Kurikulum Merdeka. Platform ini juga disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Pada Kegiatan ini Guru-guru yang telah melaksanakan pengelolaan PMM, membagikan pengalamannya dalam pengelolaan platform Merdeka Mengajar sehingga dapat memperoleh sertifikat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Sertifikat PMM dapat menunjukkan kompetensi apa saja yang dimiliki pendidik. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa guru telah mengikuti pelatihan dan menguasai materi yang dipelajari.

Memang terasa rumit kalau kita sekedar membaca, namun kalau kita langsung mempraktekkan, seminar itu sangat menyenangkan. Karena itu dalam seminar ada harapan besar sebab salah satu fungsi seminar adalah untuk menyiapkan suatu gagasan ataupun sesuatu yang baru kepada para peserta seminar dan berharap para peserta dapat memperoleh ilmu dan nantinya dapat dikembangkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *